Berapa Sih Penghasilan Ideal ?

Sebetulnya penghasilan ideal itu tidaklah sedikit juga tidaklah terlalu besar tetapi yang lebih dari keperluan.
Menurut Penulis, Penghasilan ideal adalah 3 Dinar/ 3,3 Dinar Emas. Berapa Rupiahkah 3 Dinar/3,3 Dinar Emas itu?
Baca juga: Zakat Mal dan Zakat Fitrah
1 Dinar Emas itu adalah 4,25gram Emas 22 karat.
1 Dinar Emas saat ini dalam Rupiah Rp.2.273.454 menurut MDinar


               credit by: https://new.m-dinar.com/
3 Dinar dalam Rupiah Rp.6.820.362
3,3 Dinar dalam Rupiah Rp.7.578.180
Jadi Penghasilan Ideal itu 3 Dinar/3,3 Dinar : Rp. 6.820.362 / Rp. 7.578.180 Perbulannya. Perlu diketahui patokannya itu adalah Dinar Emas bukan Rupiahnya karena seiring waktu harga Dinar Emas bisa naik dan juga turun.
Lantas apa Alasannya dijadikan Patokan Penghasilan Ideal adalah 3 Dinar/3,3 Dinar ?
Alasannya :
1. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,
“Tidak ada kewajiban atas kamu sesuatupun – yaitu dalam emas – sampai memiliki 20 dinar. Jika telah memiliki 20 dinar dan telah berlalu satu haul, maka terdapat padanya zakat ½ dinar. Selebihnya dihitung sesuai dengan hal itu, dan tidak ada zakat pada harta, kecuali setelah satu haul.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi)
Dari Sini kita sudah tau bahwa yang wajib membayar zakat mal itu adalah orang yg telah mencapai Nishab. Menurut penulis Nishab itu mampu membedakan orang yang Kaya harta dengan orang yg belum kaya Harta.
Jika Anda berpenghasilan 3 Dinar/3,3 Dinar itu artinya anda berpeluang besar untuk menjadi orang kaya. Caranya bila penghasilan 3 Dinar/bulan  cukup dengan Menabung 1,666 Dinar/bulan , 1 Dinar untuk Kebutuhan, 0,333 Dinar untuk Shodaqoh dsb.
Bila 3,3 Dinar/bulan cukup menabung 1,666 Dinar/bulan, 1 Dinar untuk kebutuhan, 0,666 Dinar untuk shadaqah dsb.
Maka dalam satu haul/tahun maka anda sudah mempunyai 20 Dinar maka disinilah anda diwajibkan zakat mal sebesar 1/2 Dinar/2,5% dari 20 Dinar. Jika anda sudah mampu memiliki aset rill sebesar 20 Dinar dalam satu tahun dan sudah menunaikan zakat mal maka Asumsi saya Anda sudah Termasuk Orang Kaya Harta dan Membersihkan Harta.
Lantas kenapa harus 3 Dinar/3,3 Dinar??
Menurut penulis ini ada hubungannya dengan hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
يَدْخُلُ أَهْلُ الجَنَّةِ الجَنَّةَ جُرْدًا مُرْدًا مُكَحَّلِينَ أَبْنَاءَ ثَلَاثِينَ أَوْ ثَلَاثٍ وَثَلَاثِينَ سَنَةً
Penduduk surga akan masuk surga dalam keadaan jurdan, murdan, bercelak, di usia 30 atau 33 tahun. (HR. Ahmad 7933, Turmudzi 2545, Ibnu Abi Syaibah dalam Mushanaf 34006 dan dinilai hasan oleh Syuaib al-Arnauth).
Alasan 1 Dinar untuk kebutuhan hidup perbulan penulis teringat dengan hadist Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,
دِيْنَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِي سَبِيْلِ اللهِ وَدِيْنَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِي رَقَبَةٍ وَدِيْنَارٌتَصَدَّقْتَ بِهِ عَلَى مِسْكِيْنٍ وَدِيْنَارٌ أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ، أَعْظَمُهَاأَجْرًا الَّذِي أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ
“Satu dinar yang engkau belanjakan di jalan Allah subhanahu wa ta’ala, satu dinar yang engkau keluarkan untuk membebaskan budak, satu dinar yang engkau sedekahkan kepada seorang miskin dan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu, maka yang paling besar pahalanya dari semua nafkah tersebut adalah satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu.” (HR.Muslim no. 995)
Maka dari situlah Penulis menyimpulkan bahwa Penghasilan ideal adalah 3 Dinar/3,3 Dinar perbulannya.

2. Seluruh mata uang yang ada saat ini yang secara berkala berkurang nilainya, mata uang dinar dan dirham sejak jaman Rasulullah SAW hingga saat ini selama lebih dari 1400 tahun nilainya tetap stabil. Di Zaman Rasulullah SAW hingga sekarang, 1 (satu) Dinar bisa membeli 1 (satu) ekor kambing dan 1 (satu) Dirham bisa membeli 1 (satu) ekor ayam.

3. Al-Hajj(22), ayat 23
Sesungguhnya Allah mamasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari EMAS dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera. (QS. 22:23)

4. Ali 'Imran(3), ayat 14
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis EMAS, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (QS. 3:14)

4. Faathir(35), ayat 33
(Bagi mereka) surga Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari EMAS, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera. (QS. 35:33)

5. Az-Zukhruf(43), ayat 35
Dan (Kami buatkan pula) perhiasan-perhiasan (dari EMAS untuk mereka). Dan semuanya itu tidak lain hanyalah kesenangan kehidupan dunia, dan kehidupan akhirat itu di sisi Rabbmu adalah bagi orang-orang yang bertaqwa. (QS. 43:35)

6. Az-Zukhruf(43), ayat 53
Mengapa tidak dipakaikan kepadanya gelang dari EMAS atau malaikat datang bersama-sama dia untuk mengiringkannya. (QS. 43:53)

7. Az-Zukhruf(43), ayat 71
Diedarkan kepada mereka piring-piring dari EMAS, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya. (QS. 43:71)

8. Al-Waaqi'ah(56), ayat 15
Mereka berada di atas dipan yang bertahtahkan EMAS dan permata, (QS. 56:15)
Banyak sekali Ayat Suci Al-Qur'an yang menjelaskan tentang Emas itu artinya Emas/Dinar Emas adalah aset rill yang berharga dan tidak akan terkena inflasi.

Menurut Pembaca Berapakah Penghasilan Ideal perbulannya??
Silahkan anda berkomentar di bagian bawah ini.
Mohon maaf jika ada kesalahan penulis dalam kata-kata yang salah atau tidak berkenan dihati pembaca.
Semoga Artikel ini Bermanfaat :)
Thanks
Share:

No comments:

Post a Comment

Cek

copy to clipboard

Anti Copas 2

Anti Copas

Powered by Blogger.

Finance

Teknik Termudah Menabung

Menabung adalah menyimpan harta kekayaan/uang tunai dalam sebuah Rekening/Celengan dsb. Di sini saya akan membagikan teknik atau cara te...

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Followers

Total Pageviews

Search This Blog

Blog Archive

My Blog List

My Blog List

Label Cloud

Islamic (1) Zakat (1)

Translate

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Recent Posts

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Labels

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Label Cloud

Islamic (1) Zakat (1)

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.