Inti dari Mengatur Keuangan Secara Singkat,Padat dan Jelas

      Credit by: http://ayodaftar3i.blogspot.com

Ilmu yang tepat atur keuangan yakni inti-intinya adalah tetap itu juga yakni bisa menabung seperti kata-kata dari Robert Kiyosaki.

Bukan berapa besar pendapatan, tetapi berapa besar uang yang dapat disimpan (diinvestasikan), berapa banyak uang tersebut dapat bekerja untuk Anda dan berapa banyak generasi yang dapat tercukupi dengan uang tersebut?
Robert Kiyosaki

Singkatnya adalah Bukan seberapa besar pendapatan, tapi seberapa besar yg kamu simpan(tabung)/investasi.

Baik hemat/boros intinya ya menabung/tidak ?
Menabung dalam jumlah kecil atau besar ?

Saya tidak menganjurkan Anda untuk berlaku boros karena pemboros-pemboros itu saudara-saudara syaithan. Dan kikir adalah salah satu sifat tercela seperti sifat-sifat Qarun.

Namun disini saya menjelaskan bahwa inti dari pembahasan ini adalah kemampuan untuk menabung bukan hemat atau boros. Dan disini saya mendefinisikan kata hemat yang itu artinya Cukup/pertengahan dari kata Kikir/Boros.
Seperti dalam dalam Firman Allah S.W.T

QS.Al-Furqan Ayat 67

وَالَّذِينَ إِذَا أَنْفَقُوا لَمْ يُسْرِفُوا وَلَمْ يَقْتُرُوا وَكَانَ بَيْنَ ذَٰلِكَ قَوَامًا
"Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian."

Jika yg hemat bisa menabung Rp.50.000/hari tanpa terpakai dalam sebulan pasti uang tabungannya Rp.1.500.000/bulan(30hari) dan tidak akan lebih/kurang dari itu.

Penghasilan si hemat Rp.100.000/hari
Menabung si hemat Rp.50.000/hari.

Catatan : Hanya menabung tanpa investasi dll, dan juga konsisten tidak terpakai tabungannya sedikitpun.

Jumlah uang tabungannyapun sama dengan si boros yang bisa menabung Rp.50.000/hari tanpa terpakai dalam sebulan pasti uang tabungannya sama, yaitu Rp.1.500.000/bulan(30hari).
Penghasilan si boros Rp.200.000/hari
Menabung si boros Rp.50.000/hari

Tentu saja akan lebih cepat bertambah kaya-nya orang yang konsisten menabung Rp.100.000/hari dalam sebulannya Rp.3.000.000 dari pada orang yg konsisten menabung Rp.50.000/hari dan sebulannya Rp.1.500.000 tanpa harus tahu berapa besar penghasilannya dan apakah dia hemat ataukah boros ?

Intinya Seberapa besar seseorang itu bisa menabung ?
Semakin besar menabung artinya semakin cepat seseorang itu menjadi kaya.

Dan juga Rp.200.000/hari (6jt/bln), (72jt/thn) tentu akan lebih cepat yang menabung Rp.500.000/hari (15jt/bln), (180jt/thn).

baca juga : Tabungan yang wajib di miliki
                     4 Hal Mustahil Anda Tidak Kaya
                     Berapa Sih Penghasilan Ideal ?
                     KONSEP PERSENTASE KEUANGAN

Itupun gak semua orang mampu menabung tanpa memakai uang tabungannya sedikitpun, kebanyakan pasti memakainya walaupun hanya sedikit. Parahnya lagi jika uang tabungannya habis terpakai, dan itupun gak sedikit orang yang melakukannya.

Udah menabungnya sedikit, habis pula uang tabungannya. Mending-mending kalau Konsisten menabungnya, ya minimal konsisten bisa menabung dalam 1 bulan tanpa terpakai, barulah uangnya dipakai semua sampai habis.

Masih mending yang begitu karena ada skill/tertanam kebiasaan akan menabung walaupun punya kebiasaan menghabiskan semua uang tabungannya. Dan biasanya orang yang punya kebiasaan menabung cenderung lebih banyak yang kaya daripada orang yang tidak terbiasa menabung dan cenderung terbiasa berhutang.

Kalau dipakai untuk beli Rumah, Dinar Emas/Logam Mulia, Investasi gak masalah. Apalagi kalau dipakai untuk di jalan Allah dengan hati yang Ikhlash itu tentu lebih Mulia.
Share:

No comments:

Post a Comment

Cek

copy to clipboard

Anti Copas 2

Anti Copas

Powered by Blogger.

Finance

Teknik Termudah Menabung

Menabung adalah menyimpan harta kekayaan/uang tunai dalam sebuah Rekening/Celengan dsb. Di sini saya akan membagikan teknik atau cara te...

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Followers

Total Pageviews

Search This Blog

Blog Archive

My Blog List

My Blog List

Label Cloud

Islamic (1) Zakat (1)

Translate

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Recent Posts

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Labels

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Label Cloud

Islamic (1) Zakat (1)

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.